Mengenal Apa Itu Anggota NATO, Sekutu Baru Ukraina yang Siap Tempur Lawan Rusia

- 24 Februari 2022, 19:37 WIB
Invasi Rusia Bikin Berang Joe Biden, AS dan Sekutu akan Merespon Tegas: Pasukan NATO di Ukraina Siaga
Invasi Rusia Bikin Berang Joe Biden, AS dan Sekutu akan Merespon Tegas: Pasukan NATO di Ukraina Siaga /REUTERS/Sergey Pivovarov

Jurnal Makassar - Anggota NATO atau North Atlantic Treaty Organisation merupakan organisasi pertahanan dan keamanan atau aliansi militer yang dibentuk pada tahun 1949.

Organisasi NATO dalam sejarahnya bertujuan untuk melakukan perlawanan ancaman ekspansi Uni Soviet pada era Pasca Perang Dunia II dan Perang Dingin.

Setelah era perang dingin berakhir, NATO terus berusaha eksis dan melebarkan pengaruhnya ke perbatasan Rusia termasuk Ukraina.

Baca Juga: 4 Fakta Kontroversi Desainer Arnold Putra, Disebut Buat Tas Tangan dari Organ Tulang Belakang

NATO terus eksis dalam kancah politik dan militer dunia khususnya di wilayah Benua Eropa untuk melindungi negara anggota yang terkena ancaman secara politik.

Negara pendiri NATO tergabung dalam 12 negara besar dunia, yaitu: Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Prancis, Islandia, Italia, Luksemburg, Belgia, Belanda, Norwegia, Inggris, dan Portugal

Adapun anggota NATO selain 12 negara pendiri merupakan negara-negara Eropa Barat dan Sebagian Wilayah Skandinavia. Berikut daftar lengkapnya:

Baca Juga: Penyebab dan Sejarah Konflik Rusia-Ukraina Hingga Darurat Militer

1. Yunani
2. Turki
3. Jerman

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah