TNI Komitmen Jaga Netralitas Pemilu 2024, Muhaimin Iskandar: Sesuai Dengan Nilai Demokrasi

- 20 September 2023, 16:27 WIB
Ketua Umum PKB sekaligus bakal cawapres dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Ketua Umum PKB sekaligus bakal cawapres dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. /Antara/Fauzan/

JurnalMakassar.com - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memberi apresiasi terhadap komitmen TNI menjaga netralitas pada Pemilu 2024, karena sesuai dengan nilai-nilai demokrasi yang dianut Indonesia.

Dikatakan oleh Muhaimin Iskandar, komitmen TNI untuk menjaga netralitas dalam Pilpres 2023sangat sesuai dengan nilai demokrasi kita, dan dampaknya juga akan sangat baik untuk suksesnya Pemilu

"Ya, tentu, saya mengapresiasi komitmen TNI untuk netral di Pemilu nanti," kata Gus Imi -sapaan Muhaimin Iskandar di Jakarta, Rabu 20 September 2023.

Baca Juga: Survey Poltracking: Erick Thohir Dinilai Paling Cocok Dampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Muhaimin Iskandar mengatakan, komitmen netralitas TNI ini dapat memberi dampak baik terhadap pelaksanaan pemilu, terutama terkait dengan pengamanan, sekaligus semakin menjernihkan iklim demokrasi.

Tidak hanya itu, Muhaimin Iskandar mendorong TNI untuk lebih mengintensifkan program edukasi dan pelatihan terkait netralitas institusi tersebut di pemilu.

"Saya harap bukan cuma di jajaran petinggi TNI saja yang netral, tapi juga seluruh prajurit di semua matra. Ini penting melakukan edukasi berkelanjutan yang fokus pada pemahaman dan komitmen terhadap netralitas TNI,” ujarnya.

Selain itu Muhaimin Iskandar juga mendorong TNI menjalankan pengawasan internal yang ketat melalui mekanisme seperti inspeksi rutin, pelaporan pelanggaran, dan pengawasan oleh atasan langsung.

Baca Juga: Rahasia Diungkap Mantan Koki, Ini Fakta Menarik Burger dan Kentang McDonald's

Dia meyakini langkah itu akan membantu mendeteksi dan mencegah aktivitas politik yang melanggar aturan, karena itu jika ada pelanggaran maka harus diberikan sanksi tegas.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah