Cara Ganjar Pranowo Atasi Penganguran Terdidik: Konsep Link and Match

- 20 September 2023, 19:00 WIB
Blunder Ganjar Pranowo di Mata Najwa yang terkesan merendahkan profesi jurnalis dan MC ramai diperbincangkan.
Blunder Ganjar Pranowo di Mata Najwa yang terkesan merendahkan profesi jurnalis dan MC ramai diperbincangkan. /Foto/Tangkapan layar YouTube Mata Najwa

JurnalMakassar.com - Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sebuah diskusi di salah satu tayangan televisi swasta menawarkan konsep konsep link and match kurikulum dengan perusahaan untuk mengatasi penganguran terdidikdi Indonesia.

Kata pria yang juga kuat menjadi salah satu bakal calon Presiden RI mengatakan problem pengangguran terdidik harus diselesaikan secara komprehensif.

“Hal yang paling utama adalah dengan memperbaiki kualitas pendidikan," kata Ganjar Pranowo dalam acara Mata Najwa "3 Bacapres Bicara Gagasan" di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa 19 September 2023 seperti dikutip dari Antara, Rabu 20 September 2023.

Baca Juga: Disebut Paling Potensial Dampingi Prabowo Subianto, Ini Jawaban Erick Thohir

Lebih lanjuts, secara tegas Ganjar Pranowo mengatakan sistem pendidikan di Indonesia harus diubah. Konsep link and match dengan perusahaan harus dilakukan agar 100 persen lulusan bisa mendapat pekerjaan.

"Yang butuh mereka adalah perusahaan maka kurikulumnya harus fleksibel. Link and match kurikulum dengan perusahaan mutlak dilakukan agar lulusan sekolah baik SMK sampai perguruan tinggi tidak menganggur," jelasnya.

Ganjar Pranowo mencontohkan di Australia, kurikulum pendidikan mengikuti tren pekerjaan. Ketika pekerjaan yang sedang ramai adalah pekerjaan di bidang teknologi, maka kurikulum pendidikan di negara itu akan diarahkan ke sana.

"Jadi, kurikulumnya mengikuti kebutuhan pekerjaan yang ada. Tidak saklek seperti saat ini," katanya.

Baca Juga: Anies Baswedan Dijadwalan Hadir dalam Diskusi Kebangsaan: Indonesian Leaders Talk Unhas

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x