Survery Polling Institute, Erick Thohir Dinilai Potensial Dampingi Prabowo Subianto

- 11 September 2023, 06:52 WIB
Erick Thohir bersama Prabowo Subianto
Erick Thohir bersama Prabowo Subianto /ANTARA/Sopian/

JurnalMakassar.com - Hasil survey yang dilakukan oleh Polling Institute memperlihatkan data Menteri BUMN Erick Thohir menjadi kandidat paling potensial dampingi Prabowo Subianto sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim menjelaskan berdasarkan survei lembaganya dengan simulasi berbagai nama, duet Prabowo-Erick mendapatkan banyak dukungan jika dibandingkan pasangan-pasangan lain.
 
“Temuan kami, Erick Thohir menjadi kandidat paling potensial untuk mendongkrak suara Prabowo di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024,” kata Kennedy saat memaparkan hasil survei bertajuk "Peta Persaingan Capres-Cawapres dan Isu-Isu Terkini," kata Kennedy Muslim, Minggu sebagaimana dikutip JurnalMakassar.com dari Antara, Senin 11 September 2023.

Baca Juga: I Hendrasmo Jelaskan Alasan RRI Ganti Logo, Tidak Sekadar Radio

Kennedy Muslim lebih lanjur mengatakan, dalam simulasi tiga pasangan, duet Prabowo-Erick memperoleh dukungan sebesar 38,5 persen, Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno dengan 32,5 persen, dan Anies Baswedan-AHY dengan 18,8 persen.
 
"Kenapa muncul AHY, karena survei dilakukan sebelum deklarasi Anies-Muhaimin,” ujarnya.

Kata Kennedy Muslim duet Prabowo-Erick juga mengungguli simulasi lain, yaitu ketika Ganjar dipasangkan dengan Ridwan Kamil. Dalam simulasi tersebut, Prabowo-Erick mendapatkan dukungan sebesar 34,7 persen, sementara Ganjar-Ridwan Kamil 34,2 persen.
 
“Pada simulasi yang sama, Anies-AHY juga belum mampu mendongkrak dukungan. Pasangan ini hanya memperoleh dukungan 18,5 persen,” katanya.

Baca Juga: PT Vale Kampanyekan 3 Isu Penting dalam Komitmen Keberlanjutan di ISF 2023

Peneliti politik Indonesia dari Havard University Seth Soderborg mengatakan hasil survei Polling Institute tersebut menunjukkan bahwa Erick memberikan efek positif terhadap Prabowo di Pilpres 2024 karena lebih kompetitif.
 
"Jadi, (elektabilitas Prabowo) lebih kuat kalau ada Erick. Erick lebih kompetitif dibanding Gibran pada data survei sekarang," ujarnya.
 
Dia mengingatkan bahwa sosok bacawapres memiliki efek besar di tengah ketatnya persaingan antara Ganjar versus Prabowo, sehingga akan terlihat dalam kampanye.
 
Menurut dia, sosok bacawapres memiliki efek bukan hanya dilihat dalam satu survei saja, namun setelah masuk poros, bisa membantu penyelenggaraan kampanye.

Baca Juga: RRI Akan Ganti Logo, Lebih Simpel dan Kekinian Namun Dapat Sorotan dari Roy Suryo
 
Polling Institute melakukan survei dalam rentang 21-25 Agustus 2023. Survei dilakukan melalui sambungan telepon dengan pewawancara terlatih.***

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x